Tipe Data

Berbeda dengan aplikasi word procesor semisal Microsoft Word atau OpenOffice dan sejenisnya, di aplikasi spreedsheet seperti excel maka sebelum anda melangkah jauh bekerja anda sebelumnya harus memahami tipe-tipe data didalam spreedsheet hal ini agar pada saat anda bekerja dengan fungsi dan formula tidak terjadi kesalahan karena aplikasi excel pada dasarnya adalah untuk pemecehan masalah yang simple, sebagai contoh proses kalkukasi data kalkulasi tanggal operasi character (string).

Pada umumnya di aplikasi spreedsheet salah satunya excel tipe data digolongkan menjadi empat jenis (lihat tabel )

Dari gambar disamping, perhatikan untuk tipe numerik isinya adalah angka dan cirinya data disimpan rata kanan di dalam cell dan dapat dilakukan proses kalkukasi misal penambahan pengurangan dan sebagainya.

Sedangkan tipe character adalah tipe data dimana data tersebut tidak dapat dikalkulasikan secara matematis. Proses operasi yang mungkin dilakukan terhadap data character adalah operasi string semisal Left, Right, Mid, Concatenate, dll.

Berikutnya adalah tipe date yaitu tipe data berupa tanggal tipe ini bisa dikalkulasikan secara matematis, misalnya tanggal sekarang ditambah 30 hari jadi tanggal berapa atau tanggal lahir dikurangi tanggal sekarang untuk mencari usia seseorang, dan sebagainya.

Begitu pula dengan tipe time yaitu tipe data yang digunakan untuk kalkulasi waktu.

Nah dengan mengetahui tipe data maka diharapkan tidak akan menemui kesalahan pada saat membuat rumus  atau menginput data, dan jika menemukan kesalahan karena tipe data anda bisa menganalisis nya berbekal konsep dasar tentang tipe data ini.

1 Comment on Tipe Data

  1. mau nanx nih rumus apa yg digunakan apa bila ada kasus semacm ini misalkan setlh kita menjumlhkan keseluruhan n secara otomatis terbilang dng huruf ikut juga cth di bawah ini :
    Jumlah : Rp. 75.000
    Terbilang : Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah
    tolong penjelasannx…

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



+ 6 = eight