Articles Comments

Latihan Ms Excel » Studi Kasus » Cara Cepat Menjumlahkan (Shortcut AutoSum)

Cara Cepat Menjumlahkan (Shortcut AutoSum)

Pekerjaan menjumlahkan di MS Excel merupakan pekerjaan paling mudah dengan menggunakan fungsi SUM. Pekerjaan tersebut akan menjadi mudah manakala anda memiliki data yang relatif sedikit (misal jumlah baris kurang dari 100) anda pekerjaan anda cukup mengetik formula :

=sum(baris_1:baris_100)

Namun tahukan anda pekerjaan akan menjadi sedikit rumit manakala jumlah baris yang harus dijumlahkan cukup banyak (misal 2000 baris atau lebih atau 200 kolom) anda akan suli melakukan blok cell karena jangkauannya banyak.

Pertanyaanya adalah adakah cara cepat menjumlahkan kolom atau baris ? jawabnya ADA, dengan menggunakan shortcut auto sum anda bisa menjumlahkan hanya dengan menekan kombinasi dua tombol di keyboard.

Sebagai contoh berikut penulis memiliki data seperti berikut ini :

Untuk mengisi kolom Jan secara otomatis simpan pointer pada Cell B9 kemudian anda tekan tombol ALT dan = secara bersamaan, maka kolom Jan akan dijumlahkan secara otomatis.

Ulangi untuk setiap kolom (C9, D9, dan E9) dan juga jumlah setiap baris untuk menjumlahkan secara total tiap kota (E5, E6, E8, dan E7).

Filed under: Studi Kasus · Tags: ,

3 Responses to "Cara Cepat Menjumlahkan (Shortcut AutoSum)"

  1. fawayclekly says:

    Terima kasih atas informasi menarik

  2. Terimakasih tutorialnya, sangat membantu.

Leave a Reply

*


× 9 = sixty three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>