Menghitung Selisih Jam

Contoh kasus sederhana kali ini adalah menghitung selisih jam, setelah sebelumnya menghitung selisih hari dan jam pada artikel “Menghitung Selisih Hari dan Jam“.
Perhatikan Contoh berikut :

dari contoh diatas dapat kita hitung dengan formula berikut untuk menghitung selisih jam yaitu dengan cara menggunakan formula berikut :

=C2-B2

Rumus diatas akan berhasil tanpa error apabila waktu selesai lebih besar dari pada waktu mulai, namun apa yang terjadi jika waktu selesai lebih kecil dari waktu mulai ??? rumus diatas akan menghasilkan error. Untuk menghilangkan error tersebut maka formulanya harus dirubah menjadi seperti berikut :

=C2-B2+IF(B2>C2;1)

Selanjutnya copy formula tersebut pada baris berikutnya, maka error yang sebelumnya timbul akan hilang. Sedikit penjelasan dari formula diatas, setelah melakukan pengurangan antara kolom C dengan B selanjutnya dilakukan pengecekan apakah kolom B nilainya lebih besar dari kolom C, jika benar maka nilainya akan ditambah satu.

7 Comments on Menghitung Selisih Jam

  1. mohon dikasih contoh untuk mulai dan selesainya beda hari ?

  2. Ane masih salah gan, pas disini dirumud ini ” =C2-B2+IF(B2>C2;1) ” walaupun sudah sama persis seperti contoh agan diatas…

    Mohon bimbingan gan, mohon ma’af koreksinya seng ke Email ane :
    oizes@ymail.com

    Thank

  3. misteriousmale // September 13, 2012 at 5:16 pm // Reply

    ada yg bingung gan klo mau kirim excelnya terus discus bisa g? tks..

  4. COBA PAKE RUMUS INI GAN
    =C2-B2+(B2>C2)

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Pembajakan atau bukan ya ?? | Latihan Ms Excel

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



nine − 1 =