Menjumlahkan Untuk Kondisi Tertentu

Didalam Excel terdapat fungsi agregasi yang digunakan untuk menjumlahkan serangkaian angka yaitu fungsi sum. Fungsi sum akan sangat bermanfaat jika jumlah data yang akan kita jumlahkan sangat banyak, namun akan sangat merepotkan ketika akan menjumlahkan dengan kondisi tertentu. Nah untuk jelasnya silahkan perhatikan screenshot dibawah ini :

Dari laporan penjualan diatas untuk mencari berapa jumlah penjualan total maka kita gunakan fungsi SUM, namun bagaimana jika kita ingin mencari jumlah penjualan untuk jenis barang Monitor LCD 15′ atau barang yang lainnya ?? Nah jika kasus yang dihadapi adalah kasus seperti ini maka fungsi SUM sudah tidak efisien lagi untuk digunakan sebagai penggantinya kita gunakan fungsi SUMIF.

Adapun langkah-langkah untuk menghitung jumlah dengan fungsi sumif adalah sebagai berikut :

  • Dari gambar diatas buat tabel referensi jenis barang (atau sesuai kebutuhan untuk kasus anda) dengan cara mendata semua jenis barang (lihat tabel kecil sebelah kanan !).
  • Beri nama tabel referensi (Cell H6 s.d. H10) tersebut dengan nama jenis_barang, gunakan fasilitas insert name define.
  • Siapkan tabel sesuai kasus anda, dalam hal ini gunakan gambar tabel diatas.
  • Beri nama kolom jenis barang (Cell D6 sampai D16) yang terjual dengan nama barang_terjual, gunakan fasilitas insert name define.
  • Beri nama kolom harga Satuan (Cell F6 sampai F16) yang terjual dengan nama harga_barang, gunakan fasilitas insert name define.
  • Beri nama Cell F17 dengan nama kriteria, gunakan fasilitas insert name define.
  • Buat List Barang pada cell F17 dengan Data Validation type List, sehingga ketika di klik cell tersebut menampilkan kotak drop down jenis barang.
  • Pada Sel F17 ketik Formula berikut :

    =SUMIF(barang_terjual;kriteria;harga_barang)

Demikian contoh kasus sumif, silahkan anda berexperimen dengan menggunakan kriteria yang lain untuk menjumlahkan berdasarkan kriteria. Untuk mempermudah latihan silahkan anda download file latihannya.

DISINI

4 Comments on Menjumlahkan Untuk Kondisi Tertentu

  1. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  2. Salam kenal pa..
    Artikelnya sangat bagus dan berguna sekali..
    Tapi saya mau bertanya bagaimana kalau menjumlahkan berbeda sheet kasusnya sama seperti dia atas cuma hasilnya ingin di sheet yang lain..
    kalau boleh saya kirim file kasusnya kemana.
    Terimakasih sebelumnya.

  3. Salam Kenal Pa
    Terima kasih artikel nya banyak membantu saya
    tapi saya ada kasus yang belum bisa saya pecahkan
    kasus :
    saya ingin menjumlah dan mengurang ( cell E + cell F – cell C rumus ini akan berjalan jika cell A terisi), mhon bantuan nya, Trima kasih

  4. @BOB : ini formulanya : =IF(ISBLANK(A1);””;(E1+F1)-C1)

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



7 × four =