Articles Comments

Latihan Ms Excel » Fungsi Statistik » Membuat Rekap Data dengan Count, Counta,Countif, dan Countifs

Membuat Rekap Data dengan Count, Counta,Countif, dan Countifs

Tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat sebuah rekapitulasi data, tutorial kali ini pula merupakan kasus dari Sekolah tempat dimana penulis mengajar. Pada kasus yang ditemukan petugas Tata Usaha ketika membuat data pendaftar di Excel menginginginkan suatu laporan dalam bentuk rekapitulasi seperti tampak pada gambar dibawah ini :


Sementara data yang dimiliki adalah tampak seperti pada gambar dibawah ini :



dimana data tersebut telah dimanipulasi se-simple mungkin untuk memudahkan dalam penggambaran kasus kali ini. Kembali ke permasalah, bagai mana caranya kita membuat rekapitulasi yang tampak seperti pada gambar pertama ?? Untuk melakukan hal kita bisa menggunakan fungsi database yaitu :

  • COUNTA untuk menghitung banyak data pada suatu range area dengan mengabaikan cell yang kosong.
  • COUNTIF untuk menghitung banyaknya data pada suatu range area dengan satu kondisi tertentu.
  • COUNTIFS untuk menghitung banyaknya data pada suatu range area dengan lebih dari satu kondisi tertentu.

Baiklah kita mulai pekerjaan membuat rekapitulasi data, berikut tahap-tahapan pengerjaannya :

  1. Siapkan data seperti tampak pada gambar kedua Karena kita akan mengitung jumlah data pendaftar berdasarkan jurusan dan asal sekolah, maka buat dua buah range area dengan fasilitas insert name define, yaitu area range dengan nama sekolah dengan jangkauan cell D7 sampai D26 dan area range dengan nama sekolah dengan jangkauan cell E7 sampai E26
  2. Buat Tabel rekapitulasi seperti tampak pada gambar pertama, dan beri nama cell I6 dengan nama AK, J6 dengan nama AP, dan K6 dengan nama PN menggunakan fasilitas insert name define.
  3. Untuk mengisi kolom I7 sampai K6 kita gunakan formula COUNTIFS dengan format :

    =COUNTIFS(range_kriteria_1,kriteria_1,range_kriteria_2,kriteria_2, … ,range_kriteria_n,kriteria_n)
    Jadi dari formula diatas karena kita sudah membuat range_kriteria_1 yaitu sekolah dan range_kriteria_2 yaitu jurusan dan tiga kriteria masing-masing AK, AP dan PN maka untuk mengisi cell I7 formulanya :

    =COUNTIFS(sekolah,H7,jurusan,AK)
    Sedangkan cell J7 formulanya :
    =COUNTIFS(sekolah,H7,jurusan,AP)
    dan cell K7 formulanya :
    =COUNTIFS(sekolah,H7,jurusan,PN)
    Untuk baris ke-dua dan seterusnya anda tinggal meng-copy saja bari 7 sampai 10
  4. Untuk mengisi kolom L7 menggunakan Fungsi COUNTA yaitu untuk menghitung cell yang tidak kosong dari range area cell tertentu yaitu range area sekolah dengan formula :

    =COUNTA(sekolah)

    Untuk baris selanjutnya tinggal meng-copy saja
  5. Dan untuk menghitung jumlah tiap kolom jurusan menggunakan fungsi COUNTIF, yang akan menghitung range area cell tertentu dalam hal ini jurusan dengan kriteria tertentu, misal untuk akuntansi maka kriterianya AK,perkantoran AP dan pemasaran PN, atas dasar tersebut maka pada cell I11 formulanya :

    =COUNTIF(jurusan,AK)

    Dan untuk cell J11 formulanya :
    =COUNTIF(jurusan,PN)

    Sedangkan cell K11 formulanya :

    =COUNTIF(jurusan,AP)
  6. Terakhir untuk menghitung total pendaftar pada cell L11 kita gunakan fungsi COUNTA sehingga bisa menggunakan formula :
    =COUNTA(sekolah) atau boleh juga
    =COUNTA(jurusan)

    Demikian penjelasan tentang kelompok fungsi count untuk membuat rekapitulasi data dari serangkaian data dalam tabel. Sebagai bahan pembelajaran silahkan download file latihannya.

DOWNLOAD

Filed under: Fungsi Statistik · Tags: , ,

Leave a Reply

*


2 − one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>