Mencari Nilai dengan Fungsi Index #Bag. 1

infopaytren.com

Contoh kasus ini merupakan contoh untuk mencari nilai tunggal baik berupa angka maupun text dalam sekumpulan data, untuk jelasnya perhatikan screenshoot dibawah ini, pada screenshoot dibawah ini terdapat rekapitulasi penerimaan mahasiswa baru pada sebuah universitas dimana data disajikan dalam lajur kolom dan baris per program studi dan tahun penerimaan mahasiswa baru.

Dari contoh kasus diatas bagaimana caranya jika anda ditanya berapa jumlah pendaftar untuk program studi Kehutanan S1 pada tahun 2008 ? maka untuk menjawabnya anda mencari kehutanan dan menarik garis lurus kesebalah kanan dan mengambil perpotongan data dengan kolom 2008 maka anda akan menemukan nilai sebesar 46 !.

Sah-sah saja anda menggunakan cara manual seperti diatas, masalahnya akan timbul apabila jumlah program studi banyak dan tahun pendaftaran lebih dari 5 periode seperti tampak contoh diatas, maka untuk mencarinya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga pekerjaan pencarian darta jadi tidak effisien.

Untuk memudahkan pekerjaan seperti itu maka excel menyediakan suatu fungsi yang diberi nama fungsi INDEX untuk mencari nilai berdasarkan index kolom dan baris.

Berdasarkan contoh diatas maka apabila kita menggunakan fungsi index, untuk mencari jumlah pendaftar program studi kehutanan – S1 pada tahun 2008 maka langkah-langkahnya :

1. Blok  cell C7 sampai H11 (C7:H11) dan beri nama data dengan menggunakan fasilitas insert name define.

2. Pindahkan ke Cell Kosong misal B13 ketik formula berikut :

=index(data,3,2)

formula diatas artinya mencari nilai dari range yang bernama data dimana nilai yang dicari  berada pada baris ke-3 (Kehutanan-s1) dan kolom ke-2 (2008) maka ditemukan nilai 46.

Bagaimana ? masihkah ada kekurangan contoh diatas ? ya masih kekurangannya adalah anda harus mencari nomor urut baris dan nomor urut kolom data diatas tampak mudah karena datanya sedikit namun jika datanya besar akan bermasalah mencari nomor kolom dan baris, nah pada artikel bagian kedua kasus ini akan dimodifikasi sehingga pengguna cukup memilih tahun pendaftaran serta memilih program studi dan secara otomatis akan menghasilkan nilai yang dicari.. don’t mis it

Download File

infopaytren.com

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Mencari Nilai dengan Fungsi Index #Bag. 2 | Latihan Ms Excel
  2. Fungsi INDEX | Latihan Ms Excel

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



5 × = thirty