Mencari Nilai dengan Fungsi Index #Bag. 2

infopaytren.com

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu “Mencari Nilai dengan Fungsi Index #Bag. 1“, pada artikel sebelumnya anda harus melakukan secara manual ketika akan mencari nilai pada suatu cel dengan menggunakan fungsi index. Perhatikan kembali screenshoot dibawah ini :

Sebagai contoh untuk mencari jumlah pendaftar prodi kehutanan – S1 pada tahun 2008 maka anda harus melakukan penentuan index kolom dan index baris secara manual.

Pembuatan formula index apabila penentuan  index kolom dan baris dilakukan secara manual sungguh merepotkan apabila data tersebar dalam spreedsheet yang begitu banyak, nah pada artikel kali ini akan dibuat pengisian cell untuk mencari jumlah pendaftar menggunakan menu, sehingga pengguna tinggal memilih nama jurusan dan tahun pendaftaran maka otomatis akan ditampilkan hasil pencarian data dalam cell. Perhatikan kedua gambar dibawah ini !

Dari kedua gambar diatas untuk mencari jumlah pendaftar anda tinggal memilih program studi – jenjang serta tahun pada drop down yang disediakan. Nah pada aritikel kali ini kita akan memodifikasi artikel sebelumnya menjadi seperti tampak pada kedua gamabr diatas.

Berikut langkah-langkah pengerjaan :

1. Blok cell C7 sampai H11 (C7:H11) dan beri nama data dengan menggunakan fasilitas insert name define.

2. Buat tampilan seperti pada gambar ke-3 (ke-4)

3. Blok cell B7 sampai B11 (B7:B11) dan beri nama prodi dengan menggunakan fasilitas insert name define.

4. Blok cell C6 sampai H6 (C6:H6) dan beri nama tahun dengan menggunakan fasilitas insert name define.

5. Pada tampilan gambar ke-3 (ke-4), simpan kursor di cell K7 untuk membuat drop down jurusan, gunakan fasilitas data validation untuk membuatnya, berikut ketentuan pembuatannya. Pada bagian Allow pilih List selanjutnya pada bagian Source ketik =prodi, sesuaikan namanya sesuai pada langkah 3, jika telah selesai klik OK.

6.  Pada tampilan gambar ke-3 (ke-4), simpan kursor di cell K8 untuk membuat drop down tahun, gunakan fasilitas data validation untuk membuatnya, berikut ketentuan pembuatannya. Pada bagian Allow pilih List selanjutnya pada bagian Source ketik =tahun, sesuaikan namanya sesuai pada langkah 3, jika telah selesai klik OK.

7. Simpan kursor di K9 untuk mencari jumlah pendaftar, dan ketik formula berikut :

=IF(OR(ISBLANK(K7),ISBLANK(K8)),””,INDEX(data,IF(ISERROR(MATCH(K7,prodi,0)),””,MATCH(K7,prodi,0)),IF(ISERROR(MATCH(K8,tahun,0)),””,MATCH(K8,tahun,0))))

Untuk bahan latihan silahkan download filenya :

DOWNLOAD

infopaytren.com

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Fungsi INDEX | Latihan Ms Excel
  2. Fungsi Match | Latihan Ms Excel

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



− 2 = seven