Membuat Nota Penjualan Dengan Excel

Nota penjualan merupakan dokumen yang mutlak dibuat sebagai bukti fisik penjualan barang apabila toko tidak memiliki sistem yang komprehensif untuk mencatat transaksi penjualan. Untuk toko-toko kecil membuat nota bisa menggunakan bantuan excel, tidak perlu menggunakan aplikasi Point Of Sale (POS) kalau memang tidak memiliki dana untuk membelinya atau volume transaksi nya masih kecil.

Berikut adalah contoh membuat nota dengan excel menggunakan Fungsi Match dan  Fungsi Index yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Untuk jelasnya silahkan perhatikan screenshoot nota penjualan dibawah ini :

Perhatikan pada gambar diatas, tugas dari operator komputer untuk mengisi nota penjualan diatas hanya mengisi kolom kode barang dan jumlah sedangkan kolom yang lainnya (berwarna abu-abu) akan diisi secara otomatis mengambil dari daftar barang yang disimpan dalam tabel referensi seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Untuk membuat nota seperti diatas berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buat tampilan nota seperti tampak pada gambar pertama !

2. Buat daftar barang yang akan jadi referensi seperti tampak pada gambar kedua, pada contoh diatas terdapat 4 buah barang kenyataannya toko atau warung pasti memiliki puluhan bahkan ratusan barang, jadi pada prakteknya data seluruh barang di toko atau warung.

3. Pada tabel referensi kolom nama barang (Cell K5:K8) diberi nama barang, gunakan fasilitas insert name define.

4.  Berikutnya masih pada tabel referensi kolom harga barang (Cell L5:L8) beri nama harga, gunakan faslitas insert name define.

5. Terakhir di tabel referensi beri nama kode pada kolom kode barang (Cell M5:M8) dengan fasilitas insert name define.

6. Pada formulir nota penjualan beri nama harga_satuan pada kolom harga (cell F9:F14) dengan fasilitas insert name define.

7. Pada formulir nota penjualan beri nama jml_terjual pada kolom harga (cell G9:G14) dengan fasilitas insert name define.

8. Pada formulir nota penjualan beri nama harga_x_jml pada kolom harga (cell H9:H14) dengan fasilitas insert name define.

10. Pada Cell G11, buat tanggal secara dinamis untuk membuat tanggal kwitansi dengan fungsi date menggunakan formula :

=now()

11. Agar kolom nama barang otomatis terisi ketika mengisi kode pada kolom kode barang, maka pada kolom nama barang (cell E9) ketik formula diawah ini dan copy pada baris dibawah nya :

=IF(NOT(ISBLANK(D9)),INDEX(data_barang,MATCH(D9,kode,0),1),””) 

Maksud dari formula diatas adalah apabila cell D9 / kolom kode barang  tidak kosong (Fungsi ISBLANK), lakukan pencarian data menggunakan Fungsi Index dan Fungsi Match pada tabel referensi, namun jika D9 kosong maka kolom nama barang pun akan kosong.

12. Berikutnya pada kolom harga baris pertama di formulir nota  ketik formula berikut :

=IF(NOT(ISBLANK(D9)),INDEX(data_barang,MATCH(D9,kode,0),2),0)

Maksud dari formula diatas adalah apabila cell D9 / kolom kode tidak kosong (Fungsi ISBLANK), lakukan pencarian data menggunakan Fungsi Index dan Fungsi Match pada tabel referensi, namun jika D9 kosong maka kolom nama barang pun akan kosong.

13. Pada kolom total (cell H9) ketik formula berikut untuk mengkalikan harga satuan dengan banyaknya barang yang dibeli :

=F9*G9

14. Pada baris Total DIbayar (Cell H15) ketik formula berikut :

=SUMPRODUCT(harga_satuan,jml_terjual)

Formula diatas dimaksudkan menjumlahkan hasil perkalian dari tabel harga dengan tabel Jml pada nota penjualan, atau bisa juga menggunakan formula :

=SUM(harga_x_jml)

Simpan dokumen anda, sebagai latihan silahkan download file latihan diatas.

DOWNLOAD

13 Comments on Membuat Nota Penjualan Dengan Excel

  1. ko baris harga pas Q praktekin ga bisa?
    Hasilnya #REF!

  2. mo bkin blank kya gtu gmna yaa kok ane udh margecell dr b2 mpe b22 kok ga bisa milih cell per cell yaa kaya pnya nte pas ane udha margecell kya gitu ,,,

  3. maaf tolong dibantu dah saya praktekkan semua tutorialnya, tapi ga bsa??

  4. bang aku sudah dwonload waktu aku tambah daftar tabel kok gak bisa dipake>?

  5. maaf mas tappi disitu mengatakan “data_barang”klo itu pengelompokan nama cell mana
    cell mana yang harus di kelompokkan
    mungkin di situ tempat kesalahan teman2 bloggerlainnya

  6. Di formula pada point nomor 11 dan 12 ada “data_barang” dan “kode”. Kita perlu mengelompokkan terlebih dahulu data yang ada di tabel referensi.
    Untuk “data_barang”.
    Pada toolbar pilih Formula -> Defined Names -> Name Manager -> New. Pada name isi dengan “data_barang”, refers to isi dengan “=sheet1!$K$5:$L$8″ atau blok dari cell K5 hingga L8, kemudian klik “OK”.
    Untuk “kode”.
    Pada toolbar pilih Formula -> Defined Names -> Name Manager -> New. Pada name isi dengan “kode”, refers to isi dengan “=sheet1!$M$5:$M$8″ atau blok dari cell M5 hingga M8, kemudian klik “OK”.

  7. Untuk point 14, Total Dibayar cukup pakai formula “=sum(H9:H14)”

    To noname:
    Untuk bikin blank cukup fill-nya aja diganti dari “no fill”jadi “white”. Home -> font -> fill color -> white (atau terserah mau warna apa)

    To arrad
    Penambahan data pada daftar tabel berarti pengelompokkan datanya harus diubah (lihat comment saya sebelumnya).Yang diubah cukup “refers to” nya aja.

    Misalkan ditambah satu barang berarti pada kelompok “data_barang”, refers to diubah jadi “=sheet1!$K$5:$L$9″ dan pada kelompok “kode” refers to diubah jadi “=sheet1!$M$5:$M$9″

    misal ditambah dua barang berarti pada kelompok “data_barang”, refers to diubah jadi “=sheet1!$K$5:$L$10″ dan pada kelompok “kode” refers to diubah jadi “=sheet1!$M$5:$M$10″

  8. to : noname and kk

    klo mu Blank jangan pake “fill”,,,itu terlalu manual,,,Excel kan ada fungsi ISNA atau IFERROR atau ISERROR,,
    Contoh :

    =IFERROR(SUM(H9:H14),””)
    maksudnya : Kalo penjumlahan SUM itu “ERROR”,tampilkan BLANK(“”).
    Tanda petik dua (“”) pada formula itu artinya BLANK.

    jadi gak usah repot2 harus ganti fill,,kalo toko nya rame gak bakalan tertangani tuh NOTA PENJUALAN harus edit fill secara manual gitu…

    • Terima kasih atas koreksinya, sekedar menjadi catatan bagi pengunjung yang sudah mahir, blog ini memberikan tutorial dari awal yang sederhana
      jadi belum terpikir kalo tokonya bakalan gede..kl toko gede buat apa menggunakan excel…sekali lagi ini adalah konsep dan artikel berseri, jika konsep dasar sudah dipahami baru berlanjut ke artikel selanjutnya yang lebih advance … terima kasih atas kunjungan, koreksi dan share-nya ..

  9. Ini aku juga ada contoh Nota Penjualan.xlsx dengan TERBILANG OTOMATIS tanpa menggunakan VBA atau Macro…

    https://drive.google.com/file/d/0B7k9KPpRY860TDNoTlVfWlFVX1k/edit?usp=sharing

  10. Kevian Givano // April 26, 2014 at 6:52 pm // Reply

    Kalau ada diskonnya, gimana cara nulis rumus di bagian total/jumlah bayarnya?

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



4 − three =