Memeriksa Jawaban Soal Pilihan Ganda dengan Excel

Kali ini penulis akan berbagi trik tentang cara memeriksa jawaban hasil ulangan/ujian dengan tipe soal pilihan ganda / multiple choice, kasus ini sengaja penulis buat untuk membantu menyelesaikan pemeriksaan hasil ulangan siswa.  Secara garis besar berikut screenshoot dari lembar kerja excel yang akan dibuat :

Dari gambar diatas tugas anda hanyalah mengisi area berwarna putih dalam hal ini nama siswa dan jawaban siswa, namun sebelumnya anda harus mengisi kunci jawaban pada bagian atas tabel, sedangkan pada bagian yang berwarna kuning akan diisi secara otomatis.

Adapun langkah-langkah membuat formulanya adalah sebagai berikut :

1. Buatlah nama pada cell C* dengan nama kunci menggunakan fasilitas insert name define.

2. Mengisi Kolom Status

Adapun Formulanya adalah sebagai berikut :

=IF(D13=””,””,IF(LEN(D13)=LEN(kunci),”Ok”,IF(LEN(D13)>LEN(kunci),”Lebih”,”Kurang”)))

Maksud dari formula tersebut adalah, jika pada kolom D13 tidak ada isinya maka kolom status dikosongkan, dan jika banyaknya huruf dalam cell D13 sama dengan banyaknya huruf dalam cell C8 (kunci) maka tampilkan status OK, dan jika banyaknya huruf dalam cell D13 lebih besar dari banyaknya huruf dalam cell C8 (kunci) tampilkan status Lebih dan jika kurang maka tampilkan status Kurang.

3. Mengisi nilai pada kolom skore

Pada tahap ini akan diberikan contoh formula untuk menilai skore soal nomor satu untuk siswa ke satu.

=IF(F$11<=LEN($D12),IF(MID($D12,F$11,1)=MID(kunci,F$11,1),1,0),0)

Maksud dari formula diatas adalah jika banyaknya huruf di cell D12 kurang dari sama dengan  isi cell F11 dalam hal ini 1, maka akan dilakukan lagi pengecekan kecocokan antara jawan dengan kunci jawaban, jika cocok bernilai 1 jika tidak bernilai 0, pengecekan jawaban menggunakan formula  :

IF(MID($D12,F$11,1)=MID(kunci,F$11,1),1,0)

4. Perhatikan tanda $ pada alamat cell jika tanda dollar berada di depan alamat kolom maka alamat kolom tersebut tidak akan berubah jika dicopy kemanapun, begitu pula jika tanda $ berada didepan nomor baris, nomor baris tersebut tidak akan berubah jika dicopy kemanapun, ini lah yang disebut dengan cell absolut, untuk selanjutnya cell absolut akan dibahas pada bagian lain.

5. Tahap selanjutnya cell F12 ke smua kolom skore dan baris siswa, jika akan menambah siswa dan jumlah soal tinggal memodifikasinya saja.

6. Untuk mengisi nilai terbesar, terkecil dan jumlah serta rata-rata gunakan fungsi agregasi di excel

7. Sebagai bahan latihan, silahkan filenya di download DISINI.

3 Comments on Memeriksa Jawaban Soal Pilihan Ganda dengan Excel

  1. aya-aya wae trikna akang mah…!
    jadi salut….(kaya gery salut…)

  2. sae tenan to kangmas???

    matur suwun

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



seven + = 9