Teknik Import Data Ke Excel #1

infopaytren.com

Untuk mempercepat pekerjaan dalam mengambil data dari sumber lain ke spreedsheet excel, cara konvensional adalah dengan copy dan paste, namun cara tersebut memiliki kelemahan terutama apabila data dari sumber yang berbeda misal dari MS Access, File Text, Database server atau dari halaman web.

Untuk mempermudah pekerjaan ini Microsoft Excel telah menyediakan tools untuk mengambil data dari sumber lain (Import Data),  keseluruhan tool untuk import data terletak di ribon group Get External Data (lihat gambar).

Gambar 1

Dari tools tersebut dengan MS Excel kita dimungkinkan mengambil data dari sumber lain yang berupa file MS Access, dari halaman internet, dari file text dan dari sumber lain (Database Server, ODBC, dll).


Gambar 2

Pada session kali ini penulis akan memberikan contoh proses import data yang bersumber dari file text, file yang penulis gunakan berformat *.CSV (TXT juga biasa), berikut isi file CSV tersebut.

Isi file tersebut akan kita pindahkan ke MS Excel, berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan file baru
  2. Pada gambar 1 pilih From Text
  3. Maka akan tampil kotak dialog pemilihan file text, pilih file text yang akan di-import  datanya
  4. Kemudian akan tampil kotak dialog proses import langkah ke-1 (lihat gambar ), pilih delimited pada gambar dibawah, karena pada data sumber tiap data dipisahkan oleh tanda pemisah (delimiter, yaitu tanda titik koma),

    Gambar 3
  5. Klik Next pada gambar diatas maka anda diminta menentukan tanda pemisah data pada file sumber dalam hal ini gunakan tanda titik koma sesuai dengan yang tertera pada gambar 2.

    Gambar 4
  6. Klik Next pada gambar 4 diatas, kemudian akan tampil pemilihan tipe data untuk tiap kolom yang akan diimpor, bahkan anda bisa memilih kolom untuk tidak diimpor dengan memilih pilihan Don’t import Coloumn (skip).

    Gambar 5
  7. Berikutnya klik next pada gambar lima jika pengaturan import sudah yakin benar, selanjutnya anda diminta menentukan lokasi untuk menyimpan data, dalam hal ini misal disimpan di cell A1, kemudia klik OK.

    Gambar 6
  8. Hasil akir adalah data sekarang berpidah dari file text ke lembar kerja excel.

    Gambar 7

 

Selamat Mencoba !, Contoh berikutnya akan dibahas menggunakan data sumber dari file Microsoft Access.

infopaytren.com

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. Teknik Import Data Ke Excel #1 | Latihan Ms Excel
  2. Teknik Import Data Ke Excel #3 | Latihan Ms Excel
  3. Teknik Import Data Ke Excel #4 | Latihan Ms Excel

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



five × 9 =