Teknik Import Data Ke Excel #4

infopaytren.com

Masih membahas tentang import data ke excel, setelah sebelumnya menjelaskan import data ke excel dengan sumber data berasal dari file text, halaman web dan MS Access, kali ini akan dibahas import file dari sumber lain dalam hal ini dari database server Microsoft SQL Server 2000.

Untuk menjalankan tutorial ini asumsinya komputer anda sudah terinstall MS SQL Server baik V2000 atau versi diatasnya.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pada ribbon data piih from other source ->  pilih From SQL Server (lihat gambar 1)
  2. Kemudian akan tampil wizard import data, pada kotak dialog data conection wizard isikan parameter disesuaikan dengan ketika anda meng-install MS SQL Server, pada contoh di gambar 2, text box server name diisi dengan tanda titik, ini artinya MS SQL server satu komputer dengan MS Excel yang anda gunakan, jika lokasi MS Server berbeda komputer bisa diisi dengan IP Address atau alamat internet. Kemudian isi juga username dan password yang digunakan saat anda install atau yang diberikan oleh database administrator. JIka telah selesai klik Next
  3. Jika pada langkah sebelumnya seluruh isian telah diisi dengan benar maka anda langsung terkoneksi ke database server dan disediakan drop down database yang akan diimport datanya, dalam hal ini penulis memilih database Nortwhind, kemudian ceklist pilihan COnect to spesific table, kemudian anda pilih daftar tabel yng akan diimport datanya, kemudian klik next.
  4. Selanjutnya langsung anda klik Fisnish pada kotak dialog dibawah ini.
  5. Selanjutnya tentukan jenis penampilan data dalam hal ini penulis memilih jenis tampilan akan berupa tabel, dan tentukan area penyimpanan data dengan memilih Exisiting worksheet, kemudian klik OK.
  6. Karena data bersumber dari database server yang menerapkan otentifikasi maka seblum ditampilkan data, anda akan ditanya lagi usernam dan password untuk mengakses server database serta host dari server database, isi dengan parameter ketika instalasi server atau sesuai yang diinpormasikan oleh database administrator. Kemudian klik OK
  7. Ketika anda mengklik ok pada langkah sebelumnya maka akan dirampilkan data dari server, namun data tersebut masih terkoneksi ke database server, untuk mengakhiri proses import data maka anda cukup meng-klik Convert To Range pada ribbon group Tools.
  8. Gambar dibawah adalah hasil akhir dari proses import data dari SQL Server.
infopaytren.com

Leave a comment

Your email address will not be published.

*



× two = 10